Monday , 21 April 2014
Breaking News
You are here: Home » Campus » WAMENKES RI Hadiri Seminar Nasional IPM KALBAR
WAMENKES RI Hadiri Seminar Nasional IPM KALBAR

WAMENKES RI Hadiri Seminar Nasional IPM KALBAR

PONTIANAK, THAMRINUSMAN. com – Kegiatan-kegiatan ilmiah turut mewarnai rangkaian agenda Dies Natalis Universitas Tanjungpura (UNTAN) ke-54, salah satunya adalah Seminar Nasional bertajuk “Peran UNTAN dalam Percepatan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kalimantan Barat” yang menghadirkan narasumber, yaitu: Prof. dr Ali Ghufron Mukti M.Sc.,Ph.D yang menjabat sebagai Wakil Menteri Kesehatan (WAMENKES) RI serta Prof. Dr. dr. Nila A Muluk selaku Kepala Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs (Millenium Development Goals). Seminar ini dilaksanakan pada hari Senin (13/5/2013) bertempat di Gedung Rektorat UNTAN Lt.III yang dihadiri oleh kalangan dosen, mahasiswa maupun undangan dari berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA selaku Rektor UNTAN dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan Prof. Ali Gufron dan Prof. Nila untuk menjadi narasumber dalam Seminar Nasional di UNTAN. Mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dikatakannya bahwa UNTAN memiliki tugas pokok dalam peningkatan IPM, khususnya untuk wilayah KALBAR. IPM sendiri terdiri atas 3 bidang utama, yakni: pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan/ekonomi. Tentu peran utama UNTAN adalah menyentuh pada bidang pendidikan. Dipilihnya tema dalam Seminar ini adalah dengan tujuan untuk mengevaluasi sekaligus merumuskan langkah-langkah kedepan yang dapat diperankan UNTAN dalam percepatan peningkatan IPM KALBAR. Adapun peringkat IPM KALBAR dalam tataran nasional Indonesia ini masih berada di peringkat 28 dari 33 Provinsi. “Peringkat ini memang masih menyedihkan, tetapi kita tidak boleh larut bersedih hati, karena dengan do’a iringan upaya untuk terus maju, KALBAR akan mampu meningkatkan IPM-nya” ujar Prof. Thamrin dalam sambutan tersebut.

WAMENKES RI, Prof. dr Ali Ghufron Mukti M.Sc.,Ph.D dalam materinya menyampaikan bahwa UNTAN sebagai institusi pendidikan tinggi memang harus berperan strategis dalam peningkatan IPM KALBAR. Universitas memang harus memiliki komitmen dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) pada suatu wilayah tertentu, terutama pada wilayah dimana Universitas itu berdiri. Adapun dalam peningkatan ini, faktor kesehatan juga merupakan faktor pentingnya. “Seseorang dapat belajar dengan baik dan mampu mengembangkan diri adalah karena kesehatan, memiliki jiwa dan raga yang sehat” ujar Prof. Ali. Dalam seminar ini, WAMENKES RI banyak menjelaskan tentang strategi pemerintah mengenai pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Diakhir sesi seminar juga digelar tanya jawab dan diskusi antar peserta dan narasumber seminar.

Written by: Ridho Brilliantoro / Source by: Afif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top