Prof. Thamrin Terima Anugerah Lencana Pancawarsa III

Penyematan lencana oleh Gubernur Kalbar

Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA menerima Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa III dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Anugerah ini disampaikan pada Pelantikan Majelis Pembimbing Daerah (MABIDA) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat oleh Gubernur KAlbar, Drs. Cornelis, M.H. yang digelar pada Kamis malam (26/01/2012) bertempat di Pendopo Gubernur Kalbar. Dalam pelantikan MABIDA ini, Prof. Thamrin dilantik sebagai Wakil Ketua MABIDA Kalbar. Hadir pada acara tersebut Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Prof. Dr. dr. Azrul Azwar, MPH, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalbar, H. Suriyadi MS, S.Sos, M.Si, para anggota MABIDA beserta undangan.

Anugerah Lencana Pancawarsa III ini menandai kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan dan ketertiban sebagai seorang anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan tugas kewajibannya selama lima tahun/kelipatan lima tahun. Prof. Thamrin menerima penghargaan ini bersama dengan Wakil Gubernur Kalbar, Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM dan Sekretaris Daerah Kalbar, Drs. MZeet Hamdy Assovie, MTM.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. Azrul menyampaikan arahannya kepada MABIDA Kalbar untuk dapat berperan aktif dalam membimbing Kwarda Kalbar menjalankan pembinaan kepramukaan kepada generasi muda. Pembinaan kaum muda melalui pramuka ini dinilai sangat penting sebagai salah satu upaya pendidikan karakter yang dapat kembali digalakkan. Sebagai contoh, UNTAN sebagai institusi pendidikan tinggi di Kalbar telah menandatangani MoU dengan Kwarda Kalbar mengenai pembinaan gerakan pramuka di UNTAN. Hal ini merupakan suatu terobosan penting dalam mendukung pembinaan kepramukaan.

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, M.H., dalam kata sambutannya berharap agar MABIDA dapat menjadi pelopor dalam memberikan ide dan pemikiran untuk kemajuan gerakan pramuka di Kalbar. Gerakan pendidikan kepramukaan ini merupakan salah satu kegiatan kepemudaan dalam membentuk kepribadian pemuda yang kuat dan tangguh. Hal ini selaras dengan upaya membangun sumber daya bangsa Indonesia dalam pembangunan watak dan karakter peserta didik.

Author by : Ridho Brilliantoro

Photo by : Sy. Abdurrahman

Foto Bersama Ketua Kwarnas, Kwarda Kalbar dan MABIDA yang baru dilantik

*

*

Top